Rabu, 07 November 2012

Hari Pahlawan Apaan Sih…?

Demikian ungkapan beberapa siswa di sebuah kantin sekolah. Hari yang biasanya menjadi salah satu moment berharga bagi kita semua dikarenakan adanya Pemberian gelar pahlawan baru kepada orang yang pernah berjasa bagi Negara ini, ternyata dilupakan begitu saja oleh siswa-siswa tadi.

Ternyata perbaikan kurikulum pendidikan tidak lebih penting dibanding perbaikan dan pembinaan karakter warga yang ada dilingkungan pendidikan atau sekolah. Pembinaan karakter warga sekolah menjadi harga mati untuk segera dilakukan.

Pendidikan budi Pekerti yang telah dikunyah oleh kakek nenek kita dahulu, mengakibatkan mereka menjadi pribadi yang penuh kharisma, pribadi yang bersahaja. Demikian juga para pahlawan kita, pribadi-pribadi yang menjadi pemimpin dan teladan bagi semua orang dikarenakan oleh karaktek /watak baik yang mereka miliki.

Celakanya Siswa maupun guru banyak yang tidak kenal apalagi mengenal dekat pahlawan yang berasal dari daerahnya sendiri dan kurangnya perhatian seluruh komponen sekolah untuk mengenal lebih dekat tokoh atau pahlawan yang ada di Indonesia.

Selanjutnya ketika menyinggung tentang lagu-lagu kemerdekaan, lagu perjuangan, lagu kepahlwanan cenderung siswa maupun guru untuk melupakan hal itu tetapi ketika ditanya tentang lagu atau album terbaru sebuah kelompok band terkenal saat ini, tentu mereka akan hapal.

Memaknai hari pahlawan dapat dilakukan disekolah dengan cara sebagai berikut:
1. Tumbuhkan semangat gotong royong seperti budaya yang telah diwariskan para pahlawan kita jaman dahulu. Gotong royong dapat dilaksanakn disekolah pada hari yang disepakati oleh seluruh siswa, guru, kepala sekolah. Sekaligus membudayakan slogan “Lisa”(lihat sampah ambil).
2. Mengadakan perlombaan yang bertemakan “Kepahlawanan” berupa drama kepahlawan, peragaan busana pejuang, lagu-lagu perjuangan.
3. Mengundang tokoh pejuang/veteran yang ada didaerah sendiri untuk berdiskusi kepada seluruh siswa, guru dan pegawai dan kepala sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar